Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Diposting pada

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Candi borobudur merupakan salah satu candi yang berada di Magelang. Tepatnya yaitu berada di Jalan Bradawati Desa Borobudur. Candi borobudur ini termasuk ke dalam deretan tujuh keajaiban dunia. Anda yang merupakan orang Indonesia asli tentunya harus sangat bangga karena salah satu peninggalan sejarah masuk ke dalam deretan keajaiban dunia. Candi ini dibangun oleh Dinasti Syailendra. Bangunan candi boroudur ini dibangun sekitar abad ke-8 dan pada saat pemerintahan wangsa Syailendra sebagai tokoh pembangun candi.

Sejarah Candi Borobudur

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Candi borobudur sama seperti candi lainnya yang juga menyimpan cerita sejarah yang menarik untuk dipelajari. Perlu diketahui bahwa candi borobudur ini sempat dibiarkan tidak terawat dan ditinggalkan. Hal demikian dikarenakan pemindahan ibu kota Medang Kamulan ke Jawa Timur oleh Raja Mpu Sindok. Pemindahan ibu kota tersebut dilakukan karena pada saat itu terjadi letusan gunung Merapi. Karena candi borobudur ditinggalkan oleh pemerintah sehingga banyak abu vulkanik yang menutupi candi borobudur tersebut.

Tidak hanya tertutup abu vulkanik saja, candi borobudur juga tertutup semak dan ditumbuhi pohon yang membuat candi borobudur menyerupai bukit. Pada tahun 1814 masehi, candi ini ditemukan kembali oleh Thomas Stamford Raffles yang merupakan gubernur jendral yang berasa dari Inggris. Ia mengutus H.C. Cornelius untuk menyelidiki keberadaan bangunan tua yang sudah tidak terawat tersebut. H.C. Cornelius bersama rekan lainnya menebang pohon dan semak yang tumbuh di candi borobudur tersebut.

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Cerita yang sangat menarik bukan? Candi borobudur ini dibuka untuk umum dengan harga tiket masuk Candi Borobudur. Untuk pelajar dan anak kecil Indonesia mencapai htm 12 ribu, orang dewasa Indonesia mencapai htm 30 ribu, untuk pelajar dan anak kecil luar negeri mencapai htm 10 dollar USD dan untuk orang dewasa luar negeri mencapai 20 dollar USD. Harga tiket masuk tersebut bisa saja berubah seiring berjalannya waktu. Terkadang harga tiket masuk tersebut berubah sesuai dengan hari libur nasional dan hari libur lainnya.

Jam Operasional Buka Dan Tutup

Candi borobudur ini mulai buka pada pukul 06.00 sampai dengan 17.00 WIB. Waktu tersebut tergolong lama sehingga Anda akan puas menjelajah sekeliling candi borobudur. Candi ini tidak kalah menarik dengan candi lainnya. Bagi Anda yang hobi foto bisa juga mengunjungi candi ini untuk mendapatkan spot foto yang menarik. Waktu yang bagus untuk foto yaitu pada pagi dan sore hari karena cuacanya yang masih sejuk dengan pencahayaan yang bagus. Candi borobudur ini juga kerap dijadikan syuting para artis atau spot foto pada modeling.

Spot Menarik di Candi Borobudur

Candi borobudur memiliki 3 zona yaitu kamadhatu, rupadhatu dan arupadhatu. Masing-masing zona tersebut memiliki cerita tersendiri. Zona pertama yaitu kamadhatu yang menggambarkan nafsu dan sifat manusia yang berupa membunuh, memperkosa, fitnah dan sebagainya. Zona yang kedua yaitu rupadhatu yang menggambarkan kebebasan urusan dunia bagi para manusia yang sedang hidup. Sedangkan zona yang ketiga yaitu arupadhatu yang menggambarkan tentang rumah tuhan yang sangat sakral atau suci.

Candi borobudur dikatakan sebagai candi peninggalan sejarah terbaik oleh Unesco. Dengan demikian jangan heran apabila ada banyak para wisatawan atau turis asing yang berkunjung ke tempat wisata candi borobudur. Candi borobudur menyimpan relief patung budha terbanyak dan terlengkap di dunia. Perlu diketahui bahwa candi borobudur ini hanya sebatas tumpukan batu biasa yang tidak memiliki perekat. Sehingga akan sangat mudah diangkat namun tetap saja akan terasa sangat berat jika diangkat seorang diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *